Beberapa hari yang lalu, saya mengikuti seleksi calon pegawai di sebuah Lembaga. Yang paling menarik adalah saat sesi interview. Ada satu pertanyaan yang membuat saya berfikir, pertanyaan itu kira-kira seperti ini, ” ada dua kemungkinan ketika seorang anak ditinggal pergi oleh orang tuanya selama-lamanya, kalau bukan semakin down dan terpuruk atau dia akan kuat dan bangkit. Lalu apa yang membuat mbak Nora kuat saat ditinggalkan ayah di usia remaja?”. Jujur, saya tidak tahu jawabannya, saya hanya menjawab ” yang membuat saya bertahan dan kuat adalah keyakinan saya kepada Allah, kepada pertolonganNya dan kepada janjiNya”

Mungkin hal ini tidak dapat diterima oleh logika manusia. Tapi itulah yang saya rasakan. Mungkin saat itu ada peluang besar untuk saya mengambil pilihan yang lain, terpuruk dan menyerah tanpa ada usaha kepada takdir. Tapi yang ada saat itu adalah sebuah keyakinan yang besar bahwa Allah akan menolong hambaNya dari arah yang tidak disangka-sangka. Tinggal saya sebagai hamba yang harus berusaha untuk mencari arah-arah pertolongan itu. Dan terbukti bahwa Allah Maha Penolong, dan satu-satunya penolong.

Banyak orang yang mengerti tentang ayat janji akan pertolongan Allah, tetapi ketika tantangan, ujian, masalah hidup menerpanya, semua ilmu itu serasa tidak pernah ada. Yang ada hanya putus asa, ingin menyerah atau bahkan menyalahkan Allah atas apa yang terjadi. Karena disana ada peran syaitan yang menghembuskan hawa was-was, ketakutan bahkan keputus-asaan.

Ini hanya sebuah nasehat untuk diri sendiri. Di saat ujian dan tantangan hidup menghampiri kita, yakinkan pada diri kita bahwa Allah tidak akan pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambaNya, yakinlah bahwa pertolongan Allah itu sangat dekat. Lalu perfikirlah positif dan melangkahlah untuk menghadapi tantangan dan ujian tersebut.

“Sesunguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Rabb kami ialah Allah’, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan” (QS Al Ahqaf 13-14)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s